Blogging · Maret 26, 2021

Review RajaBacklink, MarketPlace Legit untuk para Blogger

Review RajaBacklink - Marketplace backlink paling legit di Indonesia

Yabdhi.comReview RajaBacklink Saya pertama kali tahu bahwa ada jenis layanan bernama ‘Sponsored Article‘ yang biasa disediakan blogger dan media, setelah mendapat pesanan artikel sponsor dari Perusahaan Digital Marketing untuk blog otomotif saya, carusermagz.com.

Sebelumnya, saya pernah mendapat pesanan dari sebuah situs web milik grup besar yang berpusat di India, yang kini websitenya menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia untuk konten otomotif.

Namun karena keluguan saya, mereka mengeksploitasi blog saya melalui banyak guestpost dengan backlink ke situs web mereka yang saat itu baru dimulai untuk menginfasi dunia cyber otomotif indonesia.

Kini jika kita mengetik keyword nama mobil di google search, maka website mereka akan berada di halaman pertama dan di level atas.

Seorang officer mereka dari India membujuk saya untuk memposting guestpost mereka dengan iming-iming menambah inventory article dan foto-foto berkualitas walau tetap dengan watermark website mereka.

Guest Post oleh Website Otomotif dari Grup Perusahaan India yang Pelit dan ngerjain Blogger Lugu
Guest Post oleh Website Otomotif dari Grup Perusahaan India yang Pelit dan ngerjain Blogger Lugu

Ketika saya berbagi pengalaman dengan seorang teman yang merupakan salah satu wartawan otomotif senior yang lama berada dalam komunitas Forum Wartawan Otomotif (FORWOT), dia kaget dan menyampaikan kalo saya sebenarnya dikerjain habis-habisan.

Menurutnya setiap guestpost, apalagi oleh media besar dari grup besar media otomotif dunia, seharusnya saya mendapat bayaran besar untuk tiap artikel yang mereka titipkan. Sang wartawan senior itu mengatakan, paling tidak Rp 5 juta per artikel.

Aw.. aw.. awoookkk.. saya pun kaget .. benarkah demikian? Sudah berapa puluh artikel mereka yang terbit di blog saya dengan dua link-balik di tiap artikel.

Saya hanya bisa menyadari, bahwa memang benar anekdot yang menyatakan bahwa para bisnisman India itu lebih berbisa dari ular kobra .. hahaha.. Sehingga jangan pernah percaya bahwa mereka berniat baik, tapi mereka akan bermental penipu dan culas.. Saya kira itu hanya bualan..

Aseeeeem.. akhirnya saya copot semua backlink ke website mereka dan mengirim email ke si Indiahe yang licin itu. Saya bilang, saya sudah copot semua backlink dan jika ingin kembali mereka harus membayar sesuai tarif yang saya tetapkan untuk tiap backlink.

Namun saya terlambat, website mereka keburu sudah besar dan bertengger di halaman-1 pencarian google. Yang itu artinya backlink dari blog kecil seperti milik saya, tak lagi bernilai bagi mereka.

Si Indiahe hanya menjawab email saya dengan singkat, “Oke, terima kasih atas pemberitahuan Anda, saya akan menginformasikannya kepada tim kami di Indonesia“. Kemudian tidak terjadi apa-apa.. Tim mereka di Indonesia tidak pernah menghubungi saya.

Baca juga: Butuh Template WordPress Gratis tapi Sebagus Versi Pro? Ini Warungnya!

Mengetahui Ada Website MarketPlace Backlink Asli Indonesia

Seorang teman blogger yang dulunya adalah teman satu angkatan saat kuliah di Jurusan Teknik Kimia, Universitas Sriwijaya mengabari saya bahwa Dia sering mendapat order sponsored article di Rajabacklink.com.

Pemilik blog Bonadapa.com tersebut memberi tahu saya kalau RajaBacklink benar-benar membayar para blogger dengan harga yang pantas, karena punya sistem penilai dan penetapan tarif artikel yang disponsori berdasarkan kualitas blog para blogger.

Pendaftaran untuk menjadi penerbit artikel di RajaBacklink sangat mudah, sistem pembayaran tidak riber dan situs web tersebut sangat user-friendly. Bagusnya lagi, itu adalah marketplace asli buatan orang Indonesia, bukan milik perusahaan yang suka menipu, seperti perusahaan si Indiahe yang tak berperi ke-blogger-an.

Mendaftar di RajaBacklink

Jika Sobat blogger belum menjadi publisher di Rajabacklink, bisa mendaftar melalui Link ini: Mendaftar jadi Publisher RajaBacklink.com. Atau dengan mengklik banner ini:

RajaBackLink.com

Dari pengalaman saya menjadi penerbit atau penulis artikel di RajaBacklink.com, saya merasa pembuat situs web ini benar-benar mengerti permasalahan para blogger.

Termasuk bahwa para blogger kebanyakan adalah orang-orang yang ngeblog sebagai hobi dan pekerjaan sampingan saja. Yang artinya mereka tidak punya banyak waktu untuk berurusan dengan keribetan.

Review RajaBacklink – Apa Kelebihannya?

Beberapa kelebihan yang harus saya catat dan sampaikan pada Sobat yang membaca artikel ini dan ingin melihat dengan benar mengenai RajaBacklink, adalah sebagai berikut:

  • Websitenya sangat cepat, I don’t know what are they using, karena saat diklik dan kita login, halaman langsung tampil ‘in a blink of an eye’. Jadi sangat nyaman dinavigasi.
  • Sistem registrasi sangat simpel, tidak ribet dan semua hal dengan mudah diinput termasuk nomor rekening bank.
  • Anda hanya perlu mendaftar dengan proses sangat cepat, lalu menunggu verfikasi yang juga cepat. Ibarat memasang tajur, kemudian tinggal menunggu ikan menyambar umpan.
  • Sistem pembayaran ringkas dan tidak memerlukan invoice atau berhadapan ribetnya aturan perusahaan. Semua hal semisal pajak, dan verifikasi sudah berbasis sistem. Jadi tidak ada lagi keribetan finansial yang terkadang membuat blogger merasa sial.
  • Order artikel benar-benar ada dan para advertiser membayar yang uangnya jelas tertera masuk ke akun publisher.
  • Limit jumlah penghasilan yang bisa diambil atau ditarik ke rekening pribadi hanya Rp 250 ribu, tidak perlu mencapai juta-jutaan.
  • Punya sistem penilai tarif sponsored article yang berdasarkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) tiap blog, sehingga lebih akurat dan bisa juga dijadikan standar bagi para blogger saat ada agent digital marketing yang meminta jasa backlink secara langsung.
Jumlah Website Publisher RajaBacklink
Jumlah Website Publisher RajaBacklink

Pengalaman Mengerjakan Order Artikel dari RajaBacklink

Menurut saya, pembuat marketplace backlink ini jenius. Mereka mengakomodir semua kebutuhan dan mengatasi semua keribetan yang dimiliki marketplace lain. Semisal tidak perlu ribet mengajukan penawaran dan bidding, serta penetapan harga fix tanpa kompromi namun tidak menzalimi blogger.

Blog otomotif saya juga sudah terdaftar di salah satu marketplace yang meminta saya bergabung secara langsung dan bahkan melakukan presentasi online via meeting online. Namun saat saya sudah join, saya tak kunjung mendapat order, karena sistem yang terlalu ribet. Jadinya seperti zonk belaka..

Tapi di Rajabacklink, itu seperti kebalikannya.. semua by system dan order benar-benar real dalam hitungan hari setelah saya mendaftar. Dan uangnya benar-benar masuk ke akun publisher.

Bahkan saat saya melakukan penarikan uang, saya salah menginput nomor rekening dan proses penarikan sudah terlanjur ditekan tombol ‘Enter’.

Mulanya saya pasrah, ternyata uang yang saya hasilkan harus masuk ke rekening orang lain. Namun system rajabacklink mendeteksi bahwa nomor rekening yang saya input salah karena nama pemilik rekening berbeda dari yang terdaftar, tak lama uang itu kembali ke akun saya dan saya diminta memperbaiki nomor rekening. Tak menunggu lama saya bisa memproses penarikan tersebut kembali.

Website ini juga sangat cocok bagi sobat yang membuat website untuk menjual produk-produk secara langsung, dengan menjadi pembeli backlink, karena ada banyak pilihan website publisher yang berkualitas dan dengan harga backlink yang pantas.

Disclaimer: Saya tidak dibayar sama sekali untuk review RajaBacklink ini, karena ini berdasarkan pengalaman pribadi, termasuk pengalaman menghadapi keribetan perusahaan digital marketing atau advertising lokal, dimana RajaBacklink merupakan yang terbaik hingga saat ini.