Welcome to Yayan Abdhi's Personal Blog
Bocah kumal di pelosok Sumsel yang beruntung bisa kuliah di PTN. Kini berstatus karyawan swasta, sembari mengisi waktu luang dengan menulis di blog otomotif dan blog ini, lalu ngebolang bersepeda setiap weekend.

Benda-benda Unik di Film Mortal Kombat 2021, Kamu Mungkin Belum Ngeh!

Belati Kunai Hanzo Hasashi - Benda-benda Unik di Film Mortal Kombat 2021

Yabdhi.com – Saat menonton film Mortal Kombat 2021 yang salah satu karakter utamanya diperankan oleh Joe Taslim, aktor Holiwood asal Indonesia, kita tidak hanya disuguhi aksi pertarungan sadis dan apik, tapi ada juga adegan-adegan lucu, serta korelasi unik antara benda-benda tertentu dengan momen penting dalam film.

Beberapa benda unik dan punya hubungan erat dengan scene penting dalam alur cerita film Mortal Kombat 2021 ini saya coba notis dalam daftar dan penjelasannya.

Mungkin banyak penonton yang terlewatkan untuk melihatnya secara detail dan perlu nonton berulang-ulang film ini hingga mengerti apa korelasinya.

Berikut daftar benda-benda unik di film Mortal Kombat 2021

Boneka Kurcaci yang Pendendam

Pada scene dimana Cole Young menemui Sonya Blade di gubuknya, ada Kano yang sedang diborgol oleh Sonya. Singkat cerita, Kano tersebut berjasa membunuh Reptile Syzoth yang menyerang Cole dan Sonya, lalu Kano ingin segera pergi.

Setelah berhasil dirayu oleh Sonya untuk mengantarkan mereka ke Kuil Raiden, Kano meludah dengan menjijikan, lalu ludahnya terkena tangan boneka kurcaci. Betapa menjijikannya adegan itu, hingga kita tidak ingin melihatnya.

Boneka Kurcaci Kebun yang Diludahi Kano - Mortal Kombat 2021
Boneka Kurcaci Kebun yang Diludahi Kano – Mortal Kombat 2021

Di paruh akhir film ini, Kano akhirnya mati di tangan Sonya setelah Kano berkhianat pada para ksatria Earthrealm. Saat bergelut dengan Kano di gubuk reotnya untuk pertarungan hidup-mati, kedua petarung tersebut terpental ke luar rumah.

Kano berhasil mengunci leher Sonya, dan Sonya yang tak putus asa berusaha mengambil benda apa saja yang bisa dia raih. Al hasil, Sonya mendapatkan boneka kurcaci yang pernah diludahi Kano, kemudian dengan kuat Dia hujamkan ujung kepala boneka yang runcing ke mata kanan Kano, hingga menewaskan penjahat bergelar Naga Hitam tersebut.

Jadi, Kano tewas di tangan boneka kurcaci yang pernah ia ludahi. si Boneka dwarf itu menerobos mata hingga kepala Kano untuk membalas dendam atas kejahatan Kano meludahinya di awal film ini.

Saat Sonya Blade Menusukkan Kepala Boneka Kurcaci ke Mata Kano
Saat Sonya Blade Menusukkan Kepala Boneka Kurcaci ke Mata Kano

Gelang Tali Rajutan Emily Young

Di awal film, Emily Young yang merupakan puteri Cole Young memberikan sebuah gelang dari tali berwarna hitam-kuning pada sang Ayah. Dia memakaikan langsung gelang tersebut pada tangan Cole dan satu lagi dia pakai sendiri.

Gelang itu menjadi simbol ikatan cinta antara ayah dan anak, dan memiliki hubungan erat dengan kekuatan super atau arcana milik Cole Young.

Gelang Tali Rajutan - Benda-benda Unik di Film Mortal Kombat 2021
Gelang Tali Rajutan Emily Young – Sumber Arcana Cole Young

Saat bergelut dengan Prince Goro, raksasa bertangan empat, Cole Young mendapatkan arcananya dari keinginan kuat untuk melindungi keluarganya dari Goro. Arcana tersebut berupa zirah berwarna emas yang mampu menahan pukulan sebesar apapun.

Uniknya, zirah emas yang membalut tubuh Cole bermula dari gelang tali berwarna hitam-kuning rajutan Emily, yang berubah lalu membalut tubuh Cole.

Gelang Tali Rajut - Benda Unik di Film Mortal Kombat 2021
Gelang Tali yang jadi sumber Zirah Emas Cole Young

Pentungan Hansip Super

Arcana milik Cole Young adalah zirah berwarna emas ditambah dua tonfa, senjata seperti pentungan security/hansip. di tangan kanan, tonfa tersebut berbentuk mirip pedang karena ada bagian yang tajam, sedangkan di sebelah kiri, benar-benar seperti pentungan hansip.

Senjata Andalan Cole Young - Mortal Kombat 2021
Tonfa Senjata Andalan Cole Young – Mortal Kombat 2021

Si pentungan security membuktikan keampuhannya dengan berhasil mengoyak perut dan menembus mata hingga kepala raksasa Goro. Pentungan itu juga berhasil mengoyak perut Sub Zero.

Belati Kunai Keramat

Senjata paling ikonik pada film ini adalah belati kunai milik Hanzo Hasashi (Scorpion). Kunai adalah senjata khas Ninja berupa belati tajam di kedua sisinya yang diikat dengan tali atau rantai besi panjang, sehingga bisa menyerang musuh dalam jarak cukup jauh.

Belati Kunai Hanzo Hasashi - Benda-benda Unik di Film Mortal Kombat 2021
Belati Kunai Hanzo Hasashi – Benda-benda Unik di Film Mortal Kombat 2021

Belati tersebut awalnya digunakan oleh istri Hanzo untuk memanen sayur, kemudian perannya berlanjut menjadi senjata Hanzo membantai anak buah Bi Han. Akhirnya menjadi pembunuh tuannya sendiri saat berpindah ke tangan Bi Han dalam pertarungan di awal film ini.

Selanjutnya, belati kunai tersebut menjadi pembuka kunci bagi Hanzo untuk bangkit dari alam Netherrealm (neraka), kembali ke bumi untuk membalas dendam pada Bi Han (Sub Zero). Belati itu membuka pintu Netherrealm bagi Hanzo, setelah terkena darah keturuannya, Cole Young.

Saat Belati Kunai Hanzo Hasashi Terkena Darah Cole Young
Saat Belati Kunai Hanzo Hasashi Terkena Darah Cole Young

Tato Naga yang Tak Punya Pilihan

Sebagai penanda the choosen one atau orang-orang yang terpilih menjadi petarung Mortal Kombat, ada tato naga yang menempel dikulit mereka.

Tato naga tersebut akan berpindah ke tubuh siapa saja yang membunuh pemiliknya, tanpa pandang bulu apakah orang itu adalah pendekar baik atau pendekar berwatak jahat.

Tato Naga Mortal Kombat
Tato Naga Mortal Kombat

Jika jatuh ke tangan pendekar berwatak jahat, maka penjahat tersebut juga bisa memiliki kekuatan super, seperti yang terjadi pada Kano.

Artinya jika disebut orang-orang yang memilikinya adalah orang-orang pilihan, maka itu tidak sepenuhnya benar, karena ternyata si tato tidak bisa menolak untuk menempel pada kulit penjahat yang membunuh tuan sebelumnya.

Topi Gergaji Tak Bergigi

Topi milik Kung Lao dalam film Mortal Kombat 2021 ini digambarkan sebagai topi sakti yang bisa berfungsi sebagai ‘Circullar Saw Machine‘. Itu ditampilkan saat aksi Kung Lao membelah tubuh Nitara hingga benar-benar terbagi dua dari ujung kepala hingga ke ujung kenalpotnya.

Nitara Sesaat sebelum dibelah Topi Gergaji Mesin milik Kung Lao
Nitara Sesaat sebelum dibelah Topi Gergaji Mesin milik Kung Lao

Adegan sadis itu terlihat menarik dan mengerikan, namun sebenarnya kurang masuk akal. Bagaimana bisa topi tipis yang ringan, tidak memiliki axle sumbu putar apalagi bearing dan tidak pula bergerigi tajam tepiannya, bisa berputar kencang dan mampu tetap di posisinya hanya dengan menancap di pasir, saat memotong tubuh mahluk berkekuatan super.

Masker Longgar Berlem Double-tip

Masker penutup wajah Scorpion mudah dibuka dan dipasang kembali tanpa pengait atau tali apapun. Scorpion cukup membuka masker tersebut dengan tangannya, menyemburkan api dari mulutnya, lalu kembali memasang masker tersebut dengan mudah tanpa ribet memasang pengait atau tali.

Cukup aneh, karena tanpa pengait masker tersebut bisa lengket dengan kuat di wajah Scorpion, walau dia pontang panting berkelahi. Mungkin ada double tip gaib di masker itu yang bisa lengket di wajahnya.

Scorpion saat Membuka Masker Tak Bertali
Scorpion saat Membuka Masker Tak Bertali

Lumpur Penahan Kekuatan Splash

Kabal adalah ksatria outworld yang memiliki kemampuan bergerak secepat kilat layaknya tokoh superhero Splash. Saat bertarung, Liu Kang sempat kewalahan hingga jadi bulan-bulanan bagi Kabal.

Di pertarungan ronde ke dua mereka, Kabal terjebak di lumpur ajaib yang sepertinya cair, tapi Kabal terkunci tidak berkutik hingga bisa ditelah naga api dari jurus fatality milik Liu Kang.

Kabal saat terjebak di lumpur dan Diterkam Naga Api Liu Kang
Kabal saat terjebak di lumpur dan Diterkam Naga Api Liu Kang

Jika lebih pintar, harusnya Kabal menggunakan jurus berpindah cepatnya untuk setidaknya menghindari terkaman sang naga api. Tapi tentu kekuatan si lumpur cair diadakan demi menampilkan jurus fatality naga api milik Liu Kang yang sudah terkenal sejak tahun 1990an.

Baca: Bernolstagia Masa Kecil dengan Film Mortal Kombat

Itulah beberapa Benda-benda Unik di Film Mortal Kombat 2021. Benda-benda tersebut menjadi sarana memberi adegan yang menghibur dan membuat korelasi yang apik dalam menghubungkan beberapa momen penting dalam film.

Jika Sobat baru mengetahui beberapa diantaranya dari membaca artikel ini, mungkin Sobat perlu menonton film Mortal Kombat 2021 sekali lagi untuk memperhatikan lebih detail.