Review Mesin Cukur Kemei KM-526 Clipper Rechargeable, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Review Kemei KM-526 Clipper Rechargeable

Yabdhi.comReview Kemei KM-526 – Wabah COVID-19 yang mulai menyerang Indonesia sejak Maret 2020, membuat kita berusaha semaksimal mungkin mengurangi interaksi sosial maupun fisik dengan orang di luar lingkungan keluarga masing-masing. Salah satu aktifitas yang saya coba hilangkan untuk usaha tersebut adalah mencukur rambut di tempat cukur atau babershop.

Untuk itu saya membeli alat cukur rambut, sehingga saya bisa memotong rambut sendiri walau harus dengan style tetap, yaitu setengah botak. Karena untuk style tersebut, tidak diperlukan keahlian khusus memotong rambut. Saya mesti memohon maaf pada Sobat yang mencari nafkah dengan memotong rambut, karena dengan demikian saya tidak lagi menjadi konsumen babershop.

Saya mencari-cari alat cukur di e-commerce yang kira-kira bisa memenuhi kebutuhan tersebut, dengan harga terjangkau namun berkualitas lumayan bagus. Artinya yang tidak murah-murah amat, agar tidak mendapatkan barang zonk sehingga pada akhirnya buang-buang uang saja.

Pilihan saja jatuh pada alat cukur dengan merek KEMEI KM-526, dari merek asal China. Karena saya baca dari puluhan review user yang membelinya, alat ini cukup baik reputasinya. Rata-rata menyebutkan pisaunya tajam, enak digunakan dan suaranya halus. Sedangkan review dengan 1 dan 2 bintang lebih karena permasalah pengiriman yang lambat.

Harga

Saat saya beli di e-commerce Shopee, harganya masih lumayan mahal, yaitu Rp 290.000, ditambah ongkos kirim ke pelosok Sumsel Rp 41.000, sehingga total harga yang saya bayar adalah Rp 331.000. Menurut saya, itu adalah harga yang lumayan trustable untuk kualitas yang baik.

Pada intinya, ini adalah alat cukur yang sangat menggiurkan, karena fiturnya begitu lengkap namun harganya cukup terjangkau. Bahkan saat artikel ini saya tulis, harga produk ini sudah jauh lebih murah, yaitu Rp 180.000 saja.

Saya tidak tahu, apakah dengan harga jauh lebih murah tersebut adalah masih barang yang sama, atau sudah KW lapis kesekian, karena harganya turun sangat signifikan hingga tingga 62% saja.

Spesifikasi

Kemei KM-526 merupakan alat cukur dengan baterai rechargeable paket 5-in-1, dengan 5 pisau cukur, yaitu 2 pisau potong rambut, 1 pisau untuk cukur kumis dan jenggot, 1 pisau untuk alis dan 1 untuk memotong bulu hidung. Sisir ukuran batas panjang rambut disediakan 4 buah, yaitu untuk ukuran 3 mm, 6, mm, 9 mm dan 12 mm.

Kelengkapan lain yang didapatkan adalah charger, minyak pelumas dan kuas untuk membersihkan rambut pada pisau, serta tempat untuk menyimpan paket alat ini sehingga bisa disusun rapi.

Ukuran dan Kelengkapan Alat Cukur Kemei
Ukuran dan Kelengkapan Alat Cukur Kemei KM-526

Baterainya built-in 600 mAh lithium-ion yang dapat diisi ulang. Diklaim bisa digunakan selama 120 menit (2 jam) untuk sekali cas hingga penuh. Waktu pengecasan baterai diklaim membutuhkan 2 jam dari posisi kosong. Motor listriknya bertegangan DC 3.6V dan sumber daya membutuhkan AC 100-240 V 50/60Hz.

Hitung-hitung Investasi

Keputusan saya untuk membeli pisau cukur ini, juga disebabkan adanya prinsip ekonomi. Karena ini juga tergolong investasi untuk menghemat biaya bulanan. Dengan memiliki alat cukur sendiri, artinya saya tidak lagi perlu mengeluarkan biaya cukur rambut dan untuk membeli pisau cukur kumis.

Total biaya yang biasa saya keluarkan tiap bulan untuk keperluan tersebut adalah Rp 20.000 untuk cukur rambut dan Rp 22.000 untuk 2 pisau cukur kumis, sehingga total uang yang bisa saya hemat adalah Rp 42.000. Artinya dengan harga total alat cukur Rp 331.000, investasi saya akan impas setelah 8 bulan.

Dengan harapan alat cukur Kemei KM-526 ini bisa bertahan dalam hitungan beberapa tahun, itu artinya saya akan untung banyak.

Namun ternyata pisau cukur untuk kumisnya tidak dapat diandalkan, karena tidak bisa mencukur kumis hingga bersih. Artinya saya tidak bisa memasukkan pembelian pisau cukur kumis sebagai salah satu faktor penghematan dalam hal ini.

Dengan koreksi tersebut, saya hanya bisa menghemat Rp 20.000/bulan. Artinya investasi alat cukur ini baru akan balik modal, setelah 17 bulan, atau 1 tahun 5 bulan. Saya fikir OK lah, apalagi sepertinya alat ini berkualitas baik, mungkin bisa bertahan hingga 5 tahun atau paling tidak 3 tahun.

Tahan Berapa Lama?

Dari awal menggunakannya, saya sangat senang karena alat cukur ini sangat bisa diandalkan, khususnya untuk mencukur rambut dengan gaya setengah botak. Sayangnya beberapa pisau tidak begitu berguna, seperti pencukur bulu hidung, kumis dan alis.

Saya membeli pisau cukur ini pada minggu pertama bulan Juni 2020. Kemudian fungsinya berakhir pada akhir bulan April 2021, artinya hampir setahun sejak saya beli. Motor listriknya seperti kehabisan kekuatan untuk menggerakkan pisau cukur.

Celakanya, itu terjadi saat saya sedang memotong rambut dan belum selesai. Sehingga finishing-nya saya harus ke tukang cukur rambut. Walau saya cas lagi baterainya, namun itu tidak mengubah apa-apa, alat cukur itu benar-benar impoten.

Mungkin baterainya sudah benar-benar tidak bisa dicas lagi atau motornya sudah rusak total. Pastinya fungsi alat cukur ini berakhir. Cukup disayangkan, karena pisaunya masih tergolong tajam.

Perhitungan Untung-Rugi

Dari kondisi tersebut, artinya saya mengalami kerugian, karena usia pakai alat cukur ini tidak sesuai harapan alias kurang dari target minimal untuk balik modal, yaitu 17 bulan. Usia pakai yang singkat mungkin adalah rumus baku untuk barang asal China untuk saat ini.

Harga murah tentu punya risiko merugikan secara total, karena tentu harga murah akan mengandung pengurangan biaya produksi dibanding produk yang benar-benar berkualitas bagus, agar menguntungkan produsennya. Kualitas bahan dan ketahanan biasanya adalah yang paling berisiko dijadikan tumbal.

Baca juga:

Kesimpulan

Dari pengalaman membeli dan menggunakan alat cukur Kemei KM-526 ini, saya simpulkan bahwa alat ini punya kualitas yang baik pada beberapa hal seperti ketajaman pisaunya, kenyamaan saat digunakan, kepraktisan penggunaan dan harga yang terjangkau. Namun kelemahan adalah usia pakai yang singkat, yang artinya tidak handal dan merugikan konsumen secara keseluruhan.

Mungkin jika alat ini bisa diperbaiki, semisal ternyata hanya butuh dignti baterai atau diganti motor listriknya, lalu bisa berfungsi kembali, maka alat ini bisa saja menguntungkan, karena memiliki usia pakai yang bisa diperpanjang.

Jadi sebaiknya, untuk barang-barang yang akan digunakan dalam waktu lama, apalagi sangat diandalkan untuk mencari nafkah, semisal oleh tukang cukur rambut, maka sebaiknya membeli produk yang benar-benar sudah terjamin punya kualitas dan reputasi baik. Bahkan jika perlu yang memiliki garansi untuk usia pakai, kehandalan dan kualitasnya.

Jangan tergiur dengan harga yang murah. Karena pepatah yang mengatakan ‘Harga tak bohong‘ itu benar adanya dan layak dijadikan patokan dalam berbelanja, khususnya belanja online.