Sepeda · Maret 5, 2021

Arti Tapered Headtube pada Sepeda, Apa Kelebihannya?

Tapered Headtube Explained

Yabdhi.com – Awalnya saya tidak tahu bahwa bagian frame depan sepeda yang seperti mengerucut itu disebut “Tapered Headtube“. Pertama kali melihatnya di sepeda operasional yang sering digunakan Operation Director di tempat saya bekerja.

Saya tidak mempedulikan nama komponen itu, tapi saya terkesima karena bagian itu membuat sepeda terlihat gagah, kokoh dan mahal. Saya pikir wajarlah, sepeda Direktur memang harus mahal, masa pake sepeda kaum mending-mending seperti saya.

Headtube Taper pada sepeda trail MTB
Headtube Taper pada sepeda trail MTB

Belakangan setelah mulai ikut kegiatan gowes di komunitas sepeda, saya jadi sering nonton channel-channel YouTube sepeda dan sering terdengarlah kata-kata “taped hedcub” diucapkan para yucuber sepeda itu dengan bangganya, jika sepeda yang mereka miliki sudah taped hedcub. What’s the hell is those words meaning?

Setelah mengerti maksudnya itu adalah bagian depan frame sepeda, barulah saya teringat pada sepeda sang Direktur di tempat saya bekerja. Oooooh.. OK, I see.. wajar para yucubers itu membanggakan istilah tapered headtube.

Dari situ, saya tertarik untuk tahu lebih jauh apa saja kelebihan tapered headtube dan bagaimana teknologi frame sepeda ini. Berikut rangkuman informasi yang saya dapatkan:

Arti Kata Tapered Headtube

Kata “tapered” merupakan bentuk adjective dari kata “taper” yang dalam bahasa inggris berarti lancip. Dari Google Translate, kata tapered diartikan sebagai ‘Meruncing‘ atau ‘mengerucut’.

Sedangkan headtube adalah bagian depan frame sepeda yang berfungsi menggenggam leher fork atau sering juga disebut batang fork.

Headtube sepeda dengan bentuk mengerucut
Headtube sepeda dengan bentuk mengerucut

Pada sepeda, sebenarnya istilah tapered juga ada untuk beberapa komponen, semisal chain-stay, hub dan fork. Sepeda dengan frame tapered headtube tentu harus menggunakan fork tapered juga.

Walau akhir-akhir ini ada juga tambahan komponen berupa adaptor yang membuat fork dengan leher biasa bisa dipasang pada headtube tapered.

Apa Kelebihan Tapered Headtube?

Beberapa hal dianggap menjadi kelebihan tapered headtube. Namun pada intinya teknologi ini adalah untuk membuat sepeda lebih kokoh. Berikut daftar kelebihannya:

Memungkinkan fork lebih kokoh

Pada dasarnya teknologi tapered headtube diawali oleh tapered fork terlebih dahulu. Fork dengan head yang berukuran kecil dan berbentuk tabung lurus tidak kuat dan mudah goyang, sehingga dibuatlah fork dengan head berukuran lebih besar yang disebut oversize (OS).

Namun fork oversize membuat sepeda menjadi lebih berat karena pipa besar yang panjang hingga ke tempat meletakkan stem. Dari sanalah ide Tapered Headtube hadir.

Lebih ringan (dibanding oversize)

Dengan bagian bawah gagang fork berdiameter besar, fork mendapatkan kekokohannya, dan dengan bagian atas yang mengerucut, bobot fork dapat dikurangi secara signifikan.

Lebih presisi saat berbelok

Kombinasi dari ukuran diameter headset yang besar di bawah dan kecil di atas menghasilkan pengendalian yang ringan dan presisi tetapi kokoh, sehingga sepeda jadi lebih stabil di bagian depan.

Meningkatkan daya tahan frame

Bagian yang paling mendapat tekanan pada headtube adalah pada bagian bawah yang kontak dengan bearing, sehingga bagian tersebut paling rentan mengalami keretakan.

Ukuran bagian bawah yang lebih besar membuat bidang sentuh yang lebih besar pula, sehingga mengurangi risiko keretakan pada frame sepeda. Hal ini analogis dengan bangunan yang berpondasi besar.

Ukuran Batang Fork Tapered dan Non-tapered

Fork sepeda di masa sekarang terdiri dari beberapa ukuran diameter, tergantung jenis dan ukuran sepedanya. Sepeda gunung jenis Cross Country (XC) atau Downhill rata-rata sudah menggunakan tapered fork dan headtube.

Berikut ukuran gagang fork yang umum:

  • 1 1/8 inhi = 1,125 inci = 28,6 mm – non-tapered, biasanya pada sepeda kecil semisal sepeda anak-anak atau urban bike.
  • 1 1/4 inhi = 1,25 inci = 31,75 mm – non-tapered.
  • 1 1/8 – 1 1/2 inchi = 1,125 – 1,5 inchi = 28,6 – 38,1 mm – Tapered, paling banyak digunakan pada berbagai jenis sepeda.
  • 1 1/2 inchi = 1,5 inchi = 38,1 mm – Oversize (OS).
Jenis dan ukuran Fork Sepeda
Jenis dan ukuran Fork Sepeda

Sebelumnya, banyak sepeda dengan ukuran fork 1 inci (25.4mm), namun sekarang sudah sangat jarang sepeda menggunakan batang fork dengan ukuran kecil tersebut.

Sedangkan istilah oversize adalah untuk fork yang berukuran 1 1/2 inci (1,5 inci). Ukuran tersebut lebih besar dari ukuran standar, sehingga disebut oversize.

Ukuran fork merupakan diameter luar gagang fork, atau disebut Outside Diameter (OD). Pada headtube, ukuran yang dijadikan standar adalah diameter dalam atau Inside Diameter (ID).

Baca juga:

The Fact is..

Pada kenyataannya, teknologi tapered headtube sudah menjamur pada berbagai jenis sepeda. Hanya sepeda entry-level (untuk kaum mending-mending) dan sepeda-sepeda lama yang menggunakan fork dan headtube non-tapered.

Kecendrungan pabrikan sepeda sekarang telah mengarah ke teknologi ini untuk semua jenis sepeda. Bahkan banyak sepeda murah yang headtube-nya sudah tapered.

Sehingga mau tidak mau, sebaiknya kita memiih sepeda dengan tapered headtube. Karena ke depan, akan semakin langka fork yang tidak tapered. Jadi saat pemilik sepeda lama ingin mengganti fork, sudah semakin sulit mendapatkan fork yang tidak tapered.

Di berbagai forum pesepeda, pertanyaan apakah sebaiknya memilih sepeda dengan tapered headtube atau tidak, atau sepenting apa tapered headtube, banyak mendapat jawaban dari netizen bahwa masalahnya bukan pada apakah tapered lebih baik dari oversize, namun lebih kepada ketersediaan fork dengan gagang lurus akan makin sulit di dapat.