Sepeda · Februari 20, 2021

Perlengkapan Gowes dan Aksesoris Sepeda yang Perlu Dimiliki Gowesers

Mengikuti aktifitas Gowes setiap Sabtu Pagi

Yabdhi.comPerlengkapan Gowes dan Aksesoris Sepeda yang Penting – Olahraga bersepeda sedang booming di Indonesia, khususnya sejak diadakannya CarFreeDay di jalanan utama kota-kota besar. Terlebih sejak Pandemi Covid-19 merebak, budaya bersepeda ke tempat kerja juga jadi booming untuk menghidari kontak dekat di kendaraan umum.

Jika Sobat belum menentukan sepeda apa yang akan dipilih, sebaiknya Sobat ketahui dulu jenis-jenis sepeda sesuai fungsi dan kategori olahraganya, agar tidak salah pilih. Silahkan baca artikel saya sebelumnya melalui link ini: Jenis-jenis Sepeda dan Fungsinya.

Bagi teman-teman yang baru mulai menggemari olahraga bersepeda ini, tentu perlu menyiapkan berbagai perlengkapan gowes setelah membeli sepeda. Ada dua kategori keperluan gowes, yaitu perlengkapan yang melekat di badan dan aksesoris tambahan di sepeda, berikut daftarnya:

Perlengkapan (Gowes) Pribadi

Helm Sepeda

Helm Sepeda - Perlengkapan Gowes
Helm Sepeda

Helm sangatlah penting untuk keselamatan khususnya guna melindungi kepala jika mengalami jatuh dari sepeda. Pilihlah helm yang ringan dan punya ventilasi, namun kokoh. Rumus bakunya adalah jangan membeli helm yang berharga terlalu murah.

Jersey

Baju khusus bersepeda dirancang sedemikian rupa dari bahan yang menyerap keringat, dan nyaman dipakai saat gowes.

Sebaiknya pilihkan yang berwarna cerah atau paling tidak punya strips warna terang semisal kuning terang, hijau stabilo, merah terang atau lainnya.

Itu penting untuk membuat keberadaan kita mudah teridentifikasi dari jauh oleh pengendara mobil dan motor, sebagai faktor keselamatan.

Perlengkapan gowes - Pakaian bersepeda lengkap - jersey dan celana
Pakaian bersepeda lengkap – jersey dan celana

Celana Sepeda

Celana sepeda juga sebaiknya yang ringan dan nyaman dikulit. Biasanya celana sepeda telah dilengkapi padding di posisi duduk.

Sebaiknya jangan memilih yang paddingnya dari bahan busa, karena itu akan membuat bokong terasa pedas dan panas. Sebaiknya pilih yang paddingnya berbahan gel agar nyaman.

Sarung Tangan

sarung tangan sepeda
sarung tangan sepeda

Sarung tangan juga penting untuk berbagai fungsi perlindungan, antara lain untuk melindungi kulit tangan dari terbakar oleh sinar matahari, melindungi tangan jika terjatuh dari sepeda dan membuat grip pegangan pada handlebar lebih kuat.

Sebaiknya pilih sarung tangan khusus sepeda atau motor, karena ada bagian yang memperkuat grip ke setir sepeda. Jangan gunakan sembarang sarung tangan yang berkualitas rendah, karena tidak akan berfungsi sebagaimana seharusnya.

Sepatu Gowes

Sepatu Sepeda - Adidas
Sepatu Sepeda

Sebaiknya gunakan sepatu khusus untuk bersepeda, karena telah dirancang untuk grip kaki yang kuat ke pedal sepeda. Hal tersebut penting untuk menghindari cidera akibat terpeleset dari pedal sepeda, saat melewati jalanan licin atau berlumpur.

Pelindung Lutut dan Siku

Pelindung lutut dan tangan saat bersepeda di medan berat
Pelindung lutut dan tangan saat bersepeda di medan berat

Risiko dari bersepeda adalah terjatuh, sehingga bagian-bagian tubuh seperi lutut, siku tangan dan jari-jari tangan. Untuk itu, kita perlu melindungi bagain-bagian tersebut dengan perangkat pelindung khusus.

Sebaiknya pilihlah pelindung lutut dan siku tangan yang berbahan ringan tapi kuat. Khusus pesepeda downhill atau melewati daerah pegunungan, perlengkapan keselamatan ini tergolong wajib.

Kacamata

Saat bersepeda di jalan raya, sangat mungkin mata terkena debu, partikel besar, atau serangga kecil, sehingga berpotensi mencelakakan.

Kacamata bersepeda
Kacamata bersepeda

Untuk melindungi mata, bagi teman-teman yang tidak berkacamata sebaiknya memiliki kacamata yang meliputi keseluruhan mata. Namun sebaiknya kacamata yang tidak terlalu mengurangi intensitas cahaya.

Tas Sepeda

Tas Gowes
Tas Gowes

Tas sepeda juga penting untuk membawa berbagai barang pribadi, semisal dompet, telpon genggam, atau perlengkapan ringan lainnya semisal pompa elektrik atau pompa kecil. Khususnya jika Sobat bersepeda menempuh jarak jauh.

Jaket Hujan

Untuk berjaga-jaga agar tidak kebasahan saat hujan, Sobat perlu memiliki jaket khusus bersepeda. Jaket ini dibuat dari bahan tipis dan tidak tembus air. Sangat cocok untuk melindungi diri dan telepon genggam dari air hujan.

Jaket Sepeda
Jaket Sepeda

Manset Panjang

Manset panjang untuk Bersepeda
Manset untuk Bersepeda

Bagi teman-teman yang lebih menyukai jersey sepeda berlengan pendek, sebaiknya gunakan mansep panjang untuk tetap melindungi tangan dan lengan dari sengatan sinar matahari. Paling tidak bisa mengurangi kadar luka jika terjatuh dari sepeda.

Aksesoris Sepeda

Selain perlengkapan yang melekat di tubuh gowesers, beberapa aksesoris pada sepeda juga diperlukan, antara lain sebagai berikut:

Kunci Sepeda – Untuk keamanan sepeda jika harus diparkir saat istirahat atau singgah makan di restoran.

Bottle Holder – untuk membawa air minum secukupnya, agar tidak kehabisan tenaga saat gowes. Sebaiknya pilih yang memiliki pengatur ukuran botol sehingga bisa memuat berbagai ukuran botol air.

Bottle Holder Sepeda
Bottle Holder Sepeda

Tas Sepeda dengan Tempat HP – jika menggunakan telepon seluar sebagai alat navigasi, sebaiknya gunakan tas sepeda yang sekaligus bisa memfungsikan hp sebagai instrumen gowes seperti pada gambar di bawah ini.

tas sepeda aksesoris
tas sepeda aksesoris

Spakbor Sepeda – untuk mencegah percikan air dari ban ke wajah dan bagian belakang tubuh, jika harus melewati jalanan basah atau bersepeda dalam keadaan hujan. Sebaiknya pilih spakbor yang ringan dan tidak mengurangi space antara ban dan frame sepeda.

Standar / Cagak – kebanyakan sepeda sekarang tidak dilengkapi aksesoris ini, untuk keseimbangan yang presisi. Jika sobat merasa perlu untuk membuat sepeda bisa ditegakkan dimana saja, aksesoris ini perlu dibeli.

Chainstay Cover – untuk melindungi frame sepeda yang berada di bawah rantai sepeda dari tergores oleh rantai, atau sering terkena tetesan chainlube yang dalam waktu lama akan merusak kualitas cat frame.

Chainstay Cover Sepeda
Chainstay Cover Sepeda

Toolkit – beberapa tools penting dimiliki dan dibawa selama gowes untuk berjaga-jaga jika mengalami masalah pada sepeda, misalnya set kunci-L, obeng kembang, dan kunci pas mini.

Pompa Ban Mini – membawa pompa ban sangat penting untuk berjaga-jaga jika ban sepeda tiba-tiba kempes. Bisa pompa elektrik atau mekanis biasa yang dicantol di sepeda atau dibawa di tas.

Pompa Ban Mini untuk Gowes
Pompa Ban Mini untuk Gowes

Bell Sepeda – sebagai fungsi klakson bel sepeda cukup banyak gunanya, misalnya untuk menyapa orang sebagai tanda sikap yang friendly, atau mengingatkan pengguna jalan di depan jika akan mendahului.

Lampu Rem – jika sering bersepeda di jalan raya, lampu rem cukup penting untuk keselamatan. Agar pengguna jalan lain bisa tahu saat kita mengerem.

Lampu Rem dan Sein sepeda
Lampu Rem dan Sein sepeda

Lampu sein – sepeda juga perlu lampu sein sebagai fungsi keselamatan, untuk memberi tahu pengguna jalan lain bahwa kita akan berbelok atau berpindah jalur di jalan raya. Aksesoris ini penting bagi Sobat yang gowes di jalan raya.

Spion Sepeda – spion sepeda juga bagus dimiliki agar kita tidak perlu terus-menerus melihat ke belakang saat akan berbelok.

Spion untuk sepeda
Spion untuk sepeda

Baca juga: Review Sepeda Listrik Xiaomi QiCycle EC1

Demikianlah daftar perlengkapan gowes dan aksesoris sepeda yang perlu dimiliki gowesers dan gowesist, baik pemula maupun yang sudah lama menggeluti olahraga ini. Semoga artikel ini bermamfaat bagi teman-teman pembaca blog ini.

Jangan ragu untuk menyampaikan di kolom komentar jika ada perlengkapan dan aksesoris penting lainnya yang belum saya tuliskan dalam artikel ini, atau sekedar ingin menyapa sebagai sesama goweser.

Salam Gowes!