Sepeda · Juni 24, 2021

Pilihan Sepeda Lipat Murah Berkualitas di Indonesia

Pilihan Sepeda Lipat Murah Berkualitas

Pilihan sepeda lipat murah berkualitas di Indonesia, baik sepeda mekanis maupun sepeda listrik. Rekomendasi 10 folding bike terbaik dan harganya.

Yabdhi.com – Sepeda lipat cukup booming di Indonesia dan mendapat minat yang besar dari banyak kalangan masyarakat yang baru mencoba-coba untuk menggeluti olahraga sepeda, khususnya di perkotaan.

Sepeda lipat adalah jenis sepeda yang mengutamakan kepraktisan dan fleksibelitas penggunaannya. Karena sepeda ini bisa dengan mudah dibawa di dalam mobil atau disimpan di dalam kantor saat digunakan sebagai alat transportasi oleh pekerja kantoran.

Sepeda lipat cocok untuk gowes di perkotaan dengan jalanan mulus, seperti aspal, jalan beton atau con-block yang rata, baik untuk kegiatan olahraga di akhir pekan, atau pun sebagai alat transportasi personal untuk kegiatan sehari-hari.

Jika Sobat adalah orang yang sedang berminat untuk membeli sepeda lipat dan masih mencari informasi sebaiknya membeli sepeda lipat merek dan jenis apa, mungkin artikel ini akan berguna untuk Sobat membuat keputusan.

Berikut 10 pilihan sepeda lipat terbaik di Indonesia dengan harga terjangkau:

  1. Element Ecosmo 20
  2. United Quest C1.02
  3. Element Police Texas
  4. United Stylo 20
  5. Evergreen Folding Bike 20
  6. United Nigma 10S
  7. Polygon Urbano 3
  8. Tern Link B7
  9. United Trifold 3
  10. Xiaomi Mi Qicycle EF1

Baca Juga:

1. Element Ecosmo 20 – Rp 2 Jutaan

Element memiliki banyak line up sepeda lipat, diantaranya bagus untuk direkomendasikan adalah E Cosmo 20 yang memiliki ukuran ban 20-inci sehingga cukup fleksibel bagi semua postur tubuh pesepeda.

Seli Element Ecosmo 20
Seli Element Ecosmo 20

Sepeda lipat murah ini dibanderol pada rentang harga mendekati Rp 3 jutaan. Meskipun dengan harga terjangkau, seli Element Ecosmo ini sudah menggunakan frame berbahan Alloy dan groupset Shimano hingga 8-speed yang terkenal handal.

Sepeda ini cocok bagi Sobat pemula yang baru akan mencoba-coba olahraga sepeda, karena tidak menyita budget besar untuk mulai jadi goweser sepeda lipat.

2. United Quest C1.02 – Rp 2,5 Jutaan

Sebagai merek mainstream di Indonesia, United Bike juga menawarkan sepeda lipat murah, salah satunya adalah Quest C1.02 yang berbanderol sekitar Rp 2,5 jutaan. Itu tergolong sangat murah untuk merek, fitur dan kualitasnya.

Seli ini sudah menggunakan groupset shimano 6-speed, rem v-brake, frame hi-tensile-steel dengan suspensi belakang. Uniknya di depan juga menggunakan fork bersuspensi. Artinya sepeda ini juga akan lebih nyaman di jalanan yang kurang rata.

3. Element Police Texas – Rp 2,6 Jutaan

Sepeda lipat murah dengan rentang harga Rp 2,6 jutaan ini sudah berbahan frame alloy, menggunakan groupset Tourney 8-speed dan rem cakram hidrolik. Itu sudah sangat mumpuni untuk sepeda lipat.

Sepeda lipat murah - Police Texas
Sepeda lipat murah – Police Texas

Dengan ukuran ban 20-inci, Police Texas ini bisa digunakan oleh pesepeda dengan postur tubuh beragam, dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk bersepeda komuter sehari-hari di perkotaan, seli budget ini bisa jadi pilihan menarik.

4. United Stylo 20 – Rp 2,8 Jutaan

United, selaku merek sepeda lokal yang terkenal berkualitas bagus memiliki pilihan sepeda lipat murah dengan tampilan yang cukup menarik, sesuai namanya Stylo.

Sepeda lipat murah berkualitas ini sudah menggunakan bahan alloy, groupset Shimano Tourney 6-speed dan rem model V-Brake yang pakem. Sepeda ini cocok dijadikan alat transportasi sehari-hari atau bersepeda jarak dekat di perkotaan.

5. Evergreen Folding Bike 20 – Rp 3 Jutaan

Sepeda lipat murah lainnya yang bisa dipilih adalah Evergreen Folding Bike 20. Ini adalah seli dengan bahan high tensile steel (baja) yang memiliki desain trendi sehingga cocok untuk dijadikan sepeda anak atau orang dewasa.

Rentang harganya mirip dengan Element Ecosmo, yaitu Rp 2 – 3 jutaan tergantung kelasnya. Fitur-fiturnya masih sederhana sehingga mudah dalam hal pemeliharaan. Memiliki 7 pilihan kecepatan dan seal-bearing pada hub rodanya, sehingga putaran roda lebih ringan.

6. United Nigma 10S – Rp 3,4 Jutaan

Jika menginginkan sepeda lipat United yang tampil stylist, jawabannya adalah United Nigma 10S. Seli yang tergolong murah ini sudah menggunakan rem cakram, frame bahan alloy dan pilihan 7-kecepatan.

United Nigma 10S - Sepeda Lipat Murah Berkualitas
United Nigma 10S – Sepeda Lipat Murah Berkualitas

Sepeda ini cocok untuk gowes week-end di perkotaan semisal car-free-day. Tampilannya klimis nampak mahal, walau harganya di bawah Rp 4 jutaan. Dalam hal kualitas, tentu brand United adalah sebuah jaminan.

7. Polygon Urbano 3 – Rp 4 Jutaan

Bicara sepeda tentu tidak boleh meninggalkan merek Polygon, karena merek asli Indonesia ini sudah terkenal di seluruh dunia sebagai produsen sepeda terbaik. Untuk sepeda lipat murah, Polygon memiliki Urbano 3 yang berharga Rp 4 jutaan.

Polygon Urbano 3
Polygon Urbano 3

Polygon Urbano 3 dibuat dari bahan frame Alloy yang ringan dan kuat dan menggunakan groupset Shimano Tourney 7-speed. Seli ini sangat fleksibel untuk semua postur tubuh pesepeda, karena bukan hanya seatpost yang bisa diatur ketinggiannya, tapi juga handle-bar setir.

8. Tern Link B7 – Rp 5 Jutaan

Untuk sepeda lipat Impor yang berkualitas bagus, ada Tern Link B7 yang berbanderol sekitar Rp 5 jutaan. Kelebihan dari sepeda ini adalah bobot yang ringan dan metode pelipatan yang mudah dan cepat.

Sehingga cocok untuk dijadikan alat transportasi ke kantor atau olahraga ke lokasi yang jauh, karena seli ini bisa mudah dilipat dan dijinjing untuk masuk ke angkutan umum semisal bis atau kereta api.

Sepeda lipat berbahan alloy ringan ini dibekali groupset Shimano Tourney 7-speed, rem v-brake tektro dan saddle velo yang terkenal empuk. Tampilannya juga stylist sehingga cocok untuk berolahraga casual di car-free-day.

9. United Trifold 3 – Rp 7 Jutaan

Untuk sepeda lipat yang lebih compact, United memiliki seri Trifold, dimana seri unggulannya adalah Trifold 3S dengan banderol Rp 7 jutaan. Seli trendi ini tampil klimis dengan desain layaknya sepeda mahal semisal Brompton.

United Trifold 3S
United Trifold 3S

Frame berbahan alloy ringan dengan sistem internal cable routing. Groupsetnya menggunakan Shimano Nexus 3-speed. Kelebihan sepeda ini adalah kepraktisan saat akan dibawa dalam keadaan dilipat, karena selain dijinjing, sepeda ini bisa dirtarik layaknya tas cover dengan adanya roda kecil.

10. Xiaomi Qicycle EF1 – Rp 12 Jutaan

Bagi sobat yang menginginkan sepeda lipat listrik, Xiaomi yang terkenal sebagai produsen smartphone juga membuat sepeda listrik. Untuk sepeda lipat, Xiaomi memiliki QiCycle EF1 yang dibanderol sekitar Rp 12 jutaan.

Xiaomi QiCycle EF1
Xiaomi QiCycle EF1

Sebenarnya Xiaomi juga membuat sepeda listrik serial QiCycle yang lebih murah dengan banderol Rp 6,6 jutaan, yaitu Xiaomi QiCycle EC1, namun sayangnya sepeda tersebut bukanlah sepeda lipat, sehingga penggunaannya kurang fleksibel.

QiCycle EF1 adalah seli yang cukup canggih dan stylist. Tampilannya casual, build-quality sangat rapi dan rasa berkendaranya sangat smooth. Itu dirasa wajar untuk harganya yang lumayan menengah ke atas. Namun untuk sepeda listrik, Xiaomi tergolong masih murah.

Baca: Perlengkapan dan Aksesoris Sepeda yang Harus Dimiliki Goweser

Itulah 10 rekomendasi sepeda lipat murah dan berkualitas untuk tiap segmennya. Mungkin tidak semuanya tergolong murah dalam hal angka nominal harganya, namun murah itu relatif.

Untuk di kelasnya masing-masing, deretan sepeda lipat tersebut kami kira cukup terjangkau, mengingat kualitasnya yang cukup baik. Demikian, semoga artikel ini bermamfaat bagi Sobat pesepeda.

Referensi: Ceklist.id