Sepeda / Stuff · Maret 30, 2021

Tingkatan Groupset Shimano untuk Sepeda Gunung (MTB)

Tingkatan Groupset Shimano - Kasta Drivetrain MTB

Yabdhi.comTingkatan Groupset Shimano – Sebagai orang yang baru menyukai dunia persepedaan, khususnya sepeda gunung atau lebih keren disebut Mountain Bike (MTB), saya merasa perlu mengetahui berbahai hal tentang komponen sepeda.

Dan salah satu komponen sepeda yang paling sering saya dengar dari goweser, khususnya para pecinta upgrade dan perakit sepeda adalah Groupset.

Sedangkan merek produsen groupset yang paling besar dan paling banyak digunakan pada berbagai merek sepeda di dunia adalah “SHIMANO“. Ini adalah brand komponen sepeda asal Jepang.

Apa Pengertian Groupset?

Bagi para pesepeda pro mungkin sudah akrab dengan istilah-istilah rumit persepedaan yang menggunakan bahasa Inggris. Namun jika Sobat adalah pemula, mungkin membutuhkan informasi lebih jelas, apa itu groupset, apa fungsinya dan apa saja bagiannya.

Groupset adalah sekumpulan komponen sepeda yang berhubungan dengan penggerak sepeda atau dapat dikatakan secara ringkas, bahwa “groupset adalah sistem penggerak sepeda“.

Pengertian Groupset Sepeda
Pengertian Groupset Sepeda

Pada umumnya merupakan komponen yang terkait dengan pengaturan kecepatan dan transmisi tenaga dari kaki pesepeda ke sistem penggerak sepeda.

Secara garis besar, ada dua bagian utama dari kelompok komponen groupset, yaitu Drivetrain dan Brake Set.

Drivetrain adalah komponen penggerak yang terdiri dari crank arm, chainring, bottom-bracket, rantai, cassette, front-derailleur (FD), Rear-Deraileur (RD) dan shifter.

Sedangkan brake set adalah perangkat sistem pengereman yang terdiri dari brake lever, kabel rem, rotor (disk-brake), dan kaliper.

Tingkatan Kelas Groupset Shimano untuk MTB (hingga Tahun 2021)

Untuk sepeda gunung, Shimano memiliki beberapa lineup groupset yang sebenarnya terus dikembangkan, sehingga dalam hitungan tahun biasanya Shimano mengeluarkan seri baru yang lebih tinggi dan lebih mahal tentunya.

Berikut tingkatan groupset Shimano dimulai dari level paling bawah hingga ke yang paling mahal, untuk sepeda gunung dari jenis Cross Country (XC), Trail, dan Enduro (All Mountain):

  1. Shimano Tourney
  2. Shimano Altus
  3. Shimano Acera
  4. Shimano Alivio
  5. Shimano Deore
  6. Shimano SLX
  7. Shimano Deore XT
  8. Shimano XTR

Sedangkan untuk sepeda gunung dari jenis Downhill dan Freeride, tingkatan groupset Shimano memiliki dua level, yaitu:

  1. Shimano Zee
  2. Shimano Saint

Beberapa seri groupset Shimano tersebut memiliki beberapa sub-level lagi, sesuai dengan harganya. Jika diuraikan lebih detail berikut urutan dan sub-jenis dari tingkatan groupset Shimano:

ShimanoGroupset Series
TourneyTOURNEY TZ500 (3×7, 3×6 speed)
TOURNEY A070 (3×7, 2×7 speed)
TOURNEY TX800 (3×8, 3×7, 2×8, 2×7 speed)
AltusALTUS M2000 (3×9, 2×9 speed)
AceraACERA M3000 (3×9, 2×9 speed)
AlivioALIVIO M3100 (3×9, 2×9 speed)
DeoreDeore M4100 (2×10, 1×10 speed)
Deore M5100 (2×11, 1×11 speed)
Deore M6100 (1×12 speed)
ZeeShimano ZEE M640 (1×10 speed)
SLXShimano SLX M7100 (1×12 dan 2×12 speed)
XTDeore XT M8050 (elektronik shifting: 2×11, 1×11 speed)
Deore XT M8100 (1×12 dan 2×12 speed)
SAINTShimano SAINT M820 (1×10 speed)
XTRXTR M9050 (elektronik shifting: 1×11, 2×11, 3×11 speed)
XTR M9100 (1×12, 2×12 speed)

Kasta terendah dari groupset Shimano sebenarnya adalah Shimano Non-series, yang bisa kita jumpai pada sepeda yang berharga di bawah Rp 2 jutaan. Biasanya hanya ada tulisan Shimano tanpa embel-embel lain seperti pada groupset seri yang ada tulisan Tourney, Acera dan lainnya.

Shimano Tourney

Shimano Tourney biasanya kita jumpai pada sepeda yang berharga hingga Rp 3 jutaan. Groupset low end ini cocok untuk sepeda perkotaan dengan kontur jalan mulus sehingga tidak sering mengganti posisi gear.

Groupset Shimano Termurah - Tourney
Groupset Shimano Termurah – Tourney

Shimano Altus

Altus merupakan kasta yang sedikit lebih tinggi dari Tourney. Mulai seri ini, groupset Shimano telah dilengkapi fitur ‘Rapid-Fire‘, yaitu kemampuan untuk dipindah 3-gigi sekaligus dalam sekali shifting.

Shimano Altus belum mumpuni untuk menerjang medan off-road, namun sudah berfungsi dengan baik untuk medan jalan yang mulus dan sedang, serta untuk dibawa rekreasi pada jarak yang cukup jauh.

Shimano Acera

Shimano Acera adalah groupset level menengah, sehingga banyak kita jumpai pada sepeda pada rentang harga Rp 4 hingga Rp 6 jutaan.

Perbedaan kasta Acera sudah mulai cukup terasa berbeda dari Altus dan Tourney, karena bahan yang lebih baik, desain lebih elegan dan juga lebih presisi.

Shimano ACERA - RD
Shimano ACERA – RD

Shimano Alivio

Ini adalah groupset yang benar-benar berada pada level di tengah antara kasta low dan high. Alivio bisa kita jumpai pada sepeda level menengah seperti United Clovis dan Polygon Premier.

Teknologi kekinian yang sudah digunakan pada seri ini adalah Hollow Tech II pada bagian crank-set, sehingga bobot bottom-bracket lebih ringan.

Groupset Shimano Alivio M3100
Groupset Shimano Alivio M3100

Shimano Deore

Deore adalah seri yang sedang booming di kalangan goweser yang hobi melewati jalur off-road atau bersepeda dengan jarak jauh hingga puluhan kilometer. Ini adalah seri groupset yang sudah mulai memasuki level menengah ke atas.

Memiliki keakuratan shifting yang presisi, bahan yang ringan tapi kokoh, desain yang elegan, dan harga yang cukup terjangkau, membuat Shimano Deore menjadi primadona di kalangan goweser yang hobi merakit sendiri sepedanya.

Groupset Shimano Deore-M6100-M5100-M4100-2021-MTB
Groupset Shimano Deore-M6100-M5100-M4100-2021-MTB

Deore banyak kita jumpai pada sepeda dengan rentang harga Rp 7 hingga belasan juta. Seperti Polygon Xtrada, Syncline, dan Siskiu, juga pada seri United Clovis level menengah ke atas.

Shimano SLX

Groupset ini sudah masuk komponen sepeda di kelompok tertinggi, sehingga sepeda yang sudah menggunakannya sering dijuluki sepeda Sultan.

Biasanya sepeda dengan groupset ini sudah berharga Rp 20 juta hingga puluhan juta, semisal Polygon Syncline C5, United Kyros, hingga Polygon Xquarone EX7.

Shimano SLX M7000
Shimano SLX M7000

Shimano SLX memiliki daya tahan baik untuk melibas rute pengunungan yang naik turun dan mampu menahan guncangan dan perpindahan gigi yang tetap presisi.

Shimano XT

Shimano XT merupakan keluarga Deore, namun berharga lebih mahal dari SLX. Ini adalah groupset untuk pesepeda professional semisal atlet atau pehobi sepeda yang benar-benar kaya.

Durabilitas, bobot yang ringan, tingkat kepresisian shifting tentu pada level terbaik, karena ini adalah groupset untuk pesepeda professional yang pada umumnya adalah atlet sepeda.

Shimano XTR

Jika Shimano XT adalah kasta teratas untuk groupset yang full mekanis, maka XTR memiliki semua hal yang baik dari XT dan ditambah dengan fitur Electronic Shifting dimana perpindahan gigi dilengkapi dengan motor listrik.

Shimano XTR M9100 RD
Shimano XTR M9100 RD

Shimano ZEE

Zee adalah groupset entry-level untuk sepeda downhill, namun bukan berarti dia selevel Shimano Tourney. Karena olahraga downhill tidak memiliki sepeda entry-level.

Sepeda downhill termurah saja sudah selevel sepeda Sultan untuk XC dan Trail. Dalam hal harga, Groupset Shimano Zee berada di antara Deore dan SLX.

Zee hanya memiliki 1 gear pada chainring-nya. Dibangun untuk berfokus pada kekuatan dan penggunaan pada level ekstrim, Shimano Zee dilengkapi dengan Rear Derailleur (RD) dengan cage pendek.

Shimano SAINT

Untuk sepeda downhill dan freeride pada level Sultan, Shimano menyediakan groupset bernama Saint. Ini adalah groupset untuk atlet professional sepeda downhill dan freeride. Kualitas tentu pada level terbaik yang berakibat harganya juga pada level termahal.

Baca juga:

Itulah lineup dan kelas groupset Shimano untuk sepeda MTB hingga tahun 2021. Jika ada yang kurang tepat dari artikel yang saya tulis ini, jangan ragu untuk menyampaikannya di kolom komentar.

Semoga tulisan ini berguna bagi Sobat Gowes, khususnya para pemula yang ingin mengerti lebih jauh mengenai level atau kasta groupset Shimano.